Posted by: Ricky aji | December 27, 2011

Protokol Secure Electronic Auction


Electronic auction merupakan salah satu bisnis utama dalam e-commerce. Pada electronic auction, nantinya akan dilakukan proses transfer dari suatu pihak ke pihak lain dimana harga suatu barangnya tersebut tidak ditentukan dengan mudah dan tergantung persepsi dari pelanggan (Rahman, 2008).

Gambar 4. Skema Taksonomi Electronic Auction

Pada Gambar 4 di atas diberikan skema taksonomi electronic auction. Berdasarkan skema tersebut, Auction dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu :

  1. Single Auction

Single auction merupakan auction yang hanya memiliki seorang penjual dan banyak pembeli. Kemudian single auction diklasifikasikan menjadi :

a.    Open bid auction

Open bid auction merupakan salah satu tipe auction dimana nilai bid di-broadcast ke semua peserta lelang. Contoh dari open bid auction yaitu English auction dan Dutch auction. Pada English auction, yang menjadi pemenang pada proses lelang adalah peserta yang memasukkan bid terakhir dan terbesar. Sedangkan pada Dutch auction , pihak auctioneer menentukan harga pada level tertinggi (highest price). Jika belum ada peserta yang memasukkan bid , maka harga akan diturunkan sampai dengan ada peserta yang memasukkan bid. Dan yang akan menjadi pemenangnya adalah yang memasukkan bid pertama kali. Adapun untuk protocol dari Dutch auction dan English auction digambarkan oleh Gambar 1 dan 2.

Gambar 1. Flow chart Dutch Auction

Gambar 2. Flow chart English Auction

b.    Sealed bid auction

Pada sealed bid auction, terdapat dua fase yaitu fase pertama dimana semua peserta lelang memasukkan nilai bid mereka secara rahasia atau tidak diketahui (sealed) oleh peserta lain. Kemudian pada fase kedua yaitu fase pembukaan semua nilai bids sekaligus penentuan pemenang proses lelang. Contoh dari sealed bid auction yaitu Vickrey acution. Pada Vickrey auction, yang menjadi pemenang lelang  adalah peserta lelang yang memiliki nilai bid kedua terbesar. Adapun untuk protokol Sealed bid auction digambarkan oleh Gambar 3.

Gambar 3. Flow chart Sealed Bid Auction

2. Double Auction

Double auction merupakan auction yang memiliki banyak penjual dan juga banyak pembeli.

Adapun tahapan-tahapan yang ada pada protokol electronic auction yaitu :

1.    Inisialisation
Pada tahap ini pihak auctioneer mempublikasikan kegiatan lelang dan mengumumkan jenis barang yang dilelang, waktu mulai dan berakhirnya proses lelang.
2.    Registration
Pada tahap ini para peserta lelang harus melakukan registrasi dengan tujuan untuk menjamin keabsahan nilai bid dan untuk mempermudah identifikasi pada saat proses lelang.
3.    Bidding
Pada tahap ini para peserta lelang yang telah terdaftar mulai memasukkan nilai bid masing-masing kepada auctioneer.
4.    Winner determination
Pada tahap ini auctioneer menentukan pemenang lelang sesuai dengan aturan (tipe auction) yang digunakan.

Kemudian berikut di bawah ini, security goals secara umum dari electronic auction :

1.    Unforgeablity
Maksudnya adalah nilai bid tidak dapat dipalsukan.
2.    Non-repudiation
Maksudnya adalah seorang bidder tidak dapat menyangkal bahwa ia tidak pernah memasukkan nilai bid. Atau pada saat seorang bidder memenangkan lelang, maka ia tidak dapat menyangkal nilai bid-nya tersebut.
3.    Public verifiability
Maksudnya adalah semua peserta lelang dapat memverifikasi keabsahan nilai bid yang menjadi pemenang.
4.    Robustness
Maksudnya adalah walaupun terdapat peserta lelang yang tidak mengikuti protokol secara benar, hal ini tidak berpengaruh pada proses lelang keseluruhan.
5.    Anonymity
Maksdunya adalah hubungan antara bidder dengan nilai bid-nya harus disembunyikan sehingga tidak ada bidder yang dapat diidentifikasi dari nilai bid-nya.

Bagi yang ingin mempelajari lebih mendalam, dapat mendowload bahan materinya di link.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: