Posted by: Ricky aji | December 16, 2009

Algoritma Stream Cipher Reundeu


Kriptografi adalah salah satu solusi dalam mengatasi masalah keamanan suatu berita rahasia. Ada beberapa jenis kriptografi, berdasarkan kunci yang dipakai ada kriptografi yang menggunakan kunci simetri dan asimetri. Jenis ini dibedakan berdasarkan jumlah kunci yang dipakai. Teknik kriptografi kunci simetri yang dibagi menjadi dua yakni teknik stream cipher dan teknik block cipher. Stream memiliki ciri-ciri aliran bit yang biasa digunakan sebagai pembangkit bilangan acak (pseudo random generator). Reundeu adalah salah satu desain algoritma stream cipher yang menggunakan LFSR di dalamnya. Diharapkan agoritma ini bisa menjadi pilihan dalam penggunaan algoritma enkripsi. Kriptografi adalah salah satu solusi dalam mengatasi masalah keamanan suatu berita rahasia. Ada beberapa jenis kriptografi, berdasarkan kunci yang dipakai ada kriptografi yang menggunakan kunci simetri dan asimetri. Jenis ini dibedakan berdasarkan jumlah kunci yang dipakai. Teknik kriptografi kunci simetri yang dibagi menjadi dua yakni teknik stream cipher dan teknik block cipher. Stream memiliki ciri-ciri aliran bit yang biasa digunakan sebagai pembangkit bilangan acak (pseudo random generator). Reundeu adalah salah satu desain algoritma stream cipher yang menggunakan LFSR di dalamnya. Diharapkan agoritma ini bisa menjadi pilihan dalam penggunaan algoritma enkripsi.

SKG pada Reundeu menggunakan algoritma yang berbasis LFSR 8 state yang masing-masing statenya terdiri dari 8 bit. Masing-masing state diisi dengan s0 s1 s2 s3 s4 s5 s6 dan s7. Pertama, state diisi dengan initial value yang merupakan inputan awal.

Ada beberapa operasi yang digunakan dalam algoritma ini yakni operasi perkalian modulus 256, operasi penjumlahan modulus 256, XOR, dan s-box AES.  Setelah dihasilkan rangkaian kunci, maka proses enkripsi hanya dilakukan dengan mengXORkan hasil kunci dengan teks terang.

Sama dengan enkripsi, dekripsi juga tinggal mengXORkan kunci yang dihasilkan oleh SKG dengan teks sandi yang diterima. Tidak ada hubungan chaining dalam proses dekripsi maupun enkripsi. Teks terang dan teks sandi tidak ada hubungan denga  key stream generator.

Desain algoritma Reundeu adalah algoritma stream cipher yang menggunakan SKG berbasis LFSR. Terdapat 8 state pada shift register yang digunakan. Masing-masing state diisi dengan 8 bit atau 1 byte yang dinotasikan dalam 2 bilangan hexadesimal.

Selain itu ada operasi penjumlahan, perkalian, dan XOR untuk menamgbahkan efek difusi pada algoritma. Ada juga tabel X-BOX yang digunakan untuk membuat efek konfusi, sehingga diharapkan output dari algoritma ini yang berupa kunci stream memenuhi syarat keacakan pseudo random.

Untuk enkripsi dan dekripsi sama, tinggal melakukan operasi XOR antara kunci dan teks terang dalam penyandian, dan melakukan operasi XOR antara kunci dan teks sandi pada saat dekripsi.

(untuk lebih lengkapnya bisa DOWNLOAD disini )

Advertisements

Responses

  1. cakep bro…
    lanjut….
    bikin sendiri tapi yak!!!

    • siip, makasi banyak Bang Mora, :d

  2. tnks gan


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: