Posted by: Ricky aji | December 11, 2009

Uji Statistik Algoritma Block Cipher


Pada tulisan ini dibahas mengenai kriteria-kriteria dalam pengujian keacakan algoritma block cipher khususnya algoritma block cipher yang menjadi finalis kandidat AES diantaranya yaitu RC6, Twofish, Rijndaell, Mars, dan Serpent. Kriteria-kriteria pengujian ini pertama kali diajukan oleh Juan Soto dalam papernya yang berjudul “Randomness Testing of The AES candidates Algorithm” pada tahun 1999. Dimana ukuran kunci yang digunakan dalam pengujian ini yaitu 128 bit.

Dalam pengujian AES, salah satu kriterianya yaitu kecocokannya sebagai suatu random number generator dimana penilaian terhadap outputnya tidak harus melihatnya dari segi komputasi untuk membedakannya dari sumber-sumber trully random. Dalam papernya, Juan Soto mengajukan beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh suatu algoritma block cipher dalam hal keacakannya. Sedangkan jumlah data yang dianalisis yaitu 135 buah himpunan data yang berbeda. Dimana total seluruhnya yaitu ada 226.106.880 blok yang tiap bloknya ada 128 bit, sehingga jumlah total bit yang dianalisis yaitu 28.941.680.640 bit.

(untuk lebih jelasnya silahkan DOWNLOAD pdf-nya)

Advertisements

Responses

  1. Peran adalah seperangkat tingkah laku yang diharapkan oleh orang lain terhadap seseorang sesuai kedudukannya dalam, suatu system.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: